Senin, 09 Maret 2015

雛祭り(Hina Matsuri)

Diposting oleh Unknown di 20.32

Hello March!
          Sudah memasuki bulan Maret nih. Kalian tau ngga acara special di bulan Maret yang dilakukan oleh orang-orang Jepang? Yup! Hanami! Itu udah pernah dibahas di postingan musim semi (haru) sebelumnya. Selain hanami, ada juga acara yang dikhususkan untuk anak perempuan, yaitu Hina Matsuri. Hina Matsuri ini diadakan, bermaksud untuk mendoakan anak perempuan. Hina Matsuri berlangsung pada tanggal 3 Maret. Biasanya masyarakat Jepang akan memajang 雛人形 (Hina Ningyou), yaitu boneka yang disusun dalam tangga tempat boneka yang berbentuk tangga yang disebut 段飾り(Dankazari) dan biasanya terdiri dari 3 tangga, 5 tangga, dan 7 tangga. Tapi, berhubung harga boneka ini sangat mahal, ada pula yang tidak memasang boneka ini. Tapi dari cerita sensei yang pernah saya dengar, ketika orang tua tidak dapat membelikan boneka ini, kakek atau nenek mereka yang akan memberikannya sebagai hadiah. Waah.. baiknya… (^-^)


                Dalam susunan 5 tangga, Hina Ningyou akan disusun seperti susunan berikut ini:
   1.       お内裏様とお雛様 (Odairisama to Ohinasama) yaitu Kaisar dan Permaisuri
   2.       三人かんじょ (San nin kanjo) yaitu 3 perempuan pelayan
   3.       五人ばやし (Go nin bayashi) yaitu 5 laki-laki penjaga
   4.       だいじん (Daijin) yaitu 2 menteri
   5.       しんちょう (Shinchou) yaitu pesuruh

         Dalam perayaan Hina Matsuri di masing-masing daerah berbeda. Tapi, biasanya mereka menuju ke sebuah Jinja dan berdoa di sana. Dalam perayaan Hina Matsuri, disediakan makanan yang untuk anak-anak, biasanya berupa:
  1.       Hishimochi, yaitu kue beras berbentu segiempat berlapis 3 dengan warna merah (dimaksudkan untuk menghalau roh jahat), warna putih (dimaksudkan murni, hati yang suci), dan warna hijau (dimaksudkan untuk kesehatan).
  2.       Sakuramochi, yaitu kue mochi yang dibalut dengan daun sakura.
  3.       Hina arare, yaitu permen keras terbuat dari tepung beras dan berwarna-warni. Kata sensei, permen ini rasanya seperti tape kalo di Indonesia.

Perayaan Hina Matsuri juga bertepatan dengan perayaan Peach Festival atau 花のせっく(Hana no sekku). Festival ini biasanya diikuti oleh anak-anak kelas 6 SD. Peach Festival juga bisa dibilang khusus anak perempuan lho gaes. Kenapa? Kata sensei-ku nih,” itu karena bunga pohon peach merkar lebih dulu dari bunga pohon sakura. Selain itu, bunga pohon peach berwarna pink. Warna pink kan identik dengan perempuan.” begitu katanya.

Oiya, kemarin pada tanggal 3 Maret, saya di ajak untuk membuat origami berbentuk Ohinasama dan Odairisama lhoh. Untuk tau cara membuatnya, tunggu postingan selanjutnya yah. Terimakasih sudah berkunjung di kotak corat-coretku. :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Akatsuki Ai Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review