Jumat, 26 September 2014

Natsu, Musim Panas di Jepang

Diposting oleh Unknown di 17.38
      Yahalooo… (^o^)
      Setelah bahas musim semi di Jepang, sekarang saya lanjutkan postingan kemarin tentang musim di Jepang nih. Bahasan kali ini yaitu musim setelah musim semi, yaitu musim panas. Musim panas yang kalau dalam bahasa Jepangnya Natsu (夏), dimulai pada bulan Juni hingga bulan Agustus. Biasanya saat masuk musim panas ini diawali dengan hujan yang disebut hujan awal musim panas atau “tsuyu” (露). Tsuyu biasanya terjadi sebulan penuh di bulan Juni.
      Kalian pasti tau kan kalau musim panas di Jepang itu benar-benar panas. Apalagi daerah Jepang sebelah selatan tuh, yaitu Kyushu dan Okinawa. Waktu paling menyiksa untuk orang-orang yang ngga tahan panas itu saat puncak musim panas gaes. Puncak musim panas ini terjadi pada tanggal 23 Juli. Pas tanggal ini nih, katanya sih panas nya ngga ketulungan gaes. Duh, bersyukurnya kita ada di Indonesia yah. Yaa tapi tetep pengen ngerasain hidup di Jepang juga sih. Hehe.
      Walaupun musim panas itu panasnya sedikit menyiksa, musim panas bakal tetep dicinta sama orang Jepang lho gaes. Lhoh? Kenapah? Iya gaes, masalahnya nih ya, selama musim panas ini nih gaes, hal yang paling ditunggu-tunggu sama anak sekolah di Jepang itu liburan musim panas atau kalo orang sana nyebutnya “natsu yasumi” (夏休み). Kalo kalian pengen tau nih, liburan musim panas di Jepang itu dimulai dari tanggal 20 Juli sampai 31 Agustus gaes. Wow!!! Sebulan lebih!! Bayangkan!! Biasanya para anak muda di Jepang berlibur ke daerah pinggiran kota yang lebih dingin dengan uang hasil arubaito/kerja part time mereka nih gaes. Pantes aja ya, tahun kemaren ada temen senpai yang asli orang Jepang itu berlibur 2 minggu di Indonesia gaes. Duh duuuhh…
     Acara khas di musim panas pastinya kalian udah tau dong. Nah, bagi yang belum tau, saya kasih tau nih. Acara khasnya yaitu “Obon Matsuri”, festival musim panas seperti yang di anime-anime gitu lhoh gaes. Yang biasanya anak-anak dan cewek di Jepang memakai yukata. Dan momen paling romantis untuk pasangan yang lagi nge-date itu ya saat puncak matsurinya gaes, yang ditandai dengan pesta kembang api/Hanabi (花火). Duuh so sweet yah.

      Saat musim panas ini, orang Jepang gampang terkena penyakit, gaes. nah biasanya mereka mengonsumsi makanan ala musim panas, yaitu “Unagidon”, yaitu mie yang terbuat dari belut. Ternyata orang Jepang doyan belut yak. Karena saat musim panas mereka gampang terserang penyakit, orang Jepang biasanya mengucapkan “shochuumimai” yang maksudnya adalah himbauan untuk menjaga kesehatan. Oiya, selain itu, makanan khas ala musim panas yaitu “Kakigori”. Kalian pasti tau kan kakigori itu apa? Itu loh, es serut yang biasanya bisa kita temuin pas ada acara bunkasai atau matsuri di sekolah-sekolah gitu. 
     Kyaaaah... udah dulu ya gaes. Tetap tunggu postingan berikutnya yaa.. Terimakasih sudah mampir, semoga bermanfaat :)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Shochuumimai!! waa jadi pengen ngerasain unagidon :3 naisu post Ai. .

Unknown mengatakan...

doumo arigatou :) kenapa ngucapin shochuumimai? ini kan udah masuk musim ujan kakak :D

Unknown mengatakan...

Jadi ucapan macam apa yang sesuai buat musim hujan Ai?^^

Posting Komentar

 

Akatsuki Ai Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review